Manula Itu Pikun dan Tidak Produktif.... Kata Siapa?
Manula Itu Pikun dan Tidak Produktif.... Kata Siapa?

Manula Itu Pikun dan Tidak Produktif.... Kata Siapa?

jika kita mendengar kata lansia yang muncul di benak kita kebanyakan adalah pikun, tidak produktif dan masih banyak lagi hal yang tidak menyenangkan muncul di benak kita. padahal tidak semua orang – orang yang lanjut usia seperti apa yang kita bayangkan

banner


SamudraBacaMedia – jika kita mendengar kata lansia yang muncul di benak kita kebanyakan adalah pikun, tidak produktif dan masih banyak lagi hal yang tidak menyenangkan muncul di benak kita. padahal tidak semua orang – orang yang lanjut usia seperti apa yang kita bayangkan di atas tadi. Ada sebuah kata – kata mutiara, yaitu menjadi tua suatu kepastian.... menjadi tua yang sehat suatu pilihan.

Kita dapat meminimalisir berbagai ancaman penyakit di masa tua dengan menjaga gaya hidup kita sejak dini. Kita dapat rutin berolahraga, menjaga pola makan, memakan makanan yang bernutrisi dll. Ohh iya nihh apa sihh olahraga yang tepat buat kita yang sudah berusia lanjut? Yahhh yang jelas sihh bukan olahraga berat dan memacu adrenalin, yahh dengan olahraga ringan, seperti senam santai emmm yang membuat hati bapak ibu bahagia dehh pokoknya.

Pada hari sabtu, 27 April kemarin gua mengikuti sebuah acara talkshow yang bertemakan orang muda peduli lansia menjadi lansia yang s, m, a, r, t (sehat, mandiri, aktif, rajin, dan taat). Acara ini berlokasi di Mayapada hospital Jakarta selatan eks. Rehab Medis, Towrl, lt. 2.

Lansia yang hadir di acara ini pun cukup banyak lohh sahabat blogger. Mereka pun mengikuti acara ini dengan begitu antusiasnya. Saat saya baru sampai acara ini saya pun langsung disuguhi snak. Di sana pun sudah disediakan teh untuk teman santai dalam mengikuti rangkaian acara. Ruangan yang disediakan di sana pun cukup nyaman.

Tak beberapa lama saya tiba di lokasi acara pun langsung dimulai. Ada yang menarik perhatian saya saat pembukaan acara di sini. Kegiatan ini dimulai dengan lantunan lagu santai. Para lansia pun serentak berdiri dan senam santai bersama mengikuti lantunan lagu tersebut. Semuanya terlihat senang dan sangat gembira. Tentu kegiatan senam santai ini dan rasa kegembiraan ini sangat bermanfaat sekali. Secara tidak sadar dengan kegiatan otak akan terstimulasi.

Yang lebih menariknya lagi, lagu senam ini hanya terdiri dari empat kosa kata saja loh sahabat blogger. Empat kosa kata itu adalah Marina, Marijo, Menari, dan Menara. Sepanjang lagu dinyanyikan hanya empat kosa kata ini saja yang muncul hehehe unik yah............

Pada talk show kali ini kita semua dijelaskan berbagai hal mengenai dememnsia. Kita tahu bahwa sering kali penyakit ini disandingkan dengan orang – orang lansia. Ada sebuah surfey yang menjelaskan bahwa hanya 13% pasien berumur lebih dari 60 tahun di Indonesia yang sehat.

Apa sih itu demensia? Demensia merupakan penyakit penurunan fungsi berfikir yang biasa disebabkan oleh stroke maupun alzaimer. Sepertiga kasus demensia disebabkan dari faktor gen dan sisanya disebabkan oleh lifestyle.

Di acara tersubut pun hadir seorang inspirator, seorang perempuan berusia lebih dari 90 tahun. Ibu tersebut mengajarkan para lansia lainnya bahwa lansia itu tak semuanya sama dengan apa yang selalu dipikirkan oleh kebanyakan orang. ibu itu pun dalam acara tersebut selalu memotivasi para hadirin untuk membaca membaca dan membaca. Untuk para lansia tidak perlu membaca sesuatu pembahasan yang berat, cukup dengan sesuatu yang menyenangkan dan menarik.

Sesaat sebelum acara berakhir ibu tersebut membagikan buku karangannya. Ibu tersebut mengarang buku dan pada acara tersebut ibu tersebut hendak membagikannya kepada para hadirin. Kebetulan buku yang dibawa hanya dua. Dan yang menarik dari akhir acara ini adalah lansia pria yang hadir pada acara ini ada dua orang sehingga pada akhirnya buku tersebut pun diberikan kepada para bapak – bapak lansia tersebut.



Advertisement banner

Baca juga:

banner

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.