Flyover Bintaro Salah Satu SDGs di Indonesia
Flyover Bintaro Salah Satu SDGs di Indonesia

Flyover Bintaro Salah Satu SDGs di Indonesia

Sebelum flyover dibangun, jalanan di sini macet sekali, apalagi di saat jam sibuk....Ohh iya dari tadi kita ngomongin SDGs, tahu gak si kamu apa sihh SDGs itu?

banner

SamudraBacaMedia - Beberapa waktu lalu baru usai pembangunan flyover bintaro, tepatnya di dekat pasar bintaro. Dengan adanya pembangunan flyover di sana sangat bermanfaat sekali lohh..... sahabat blogger. Kalian masihh ingat tidak kecelakaan di petak ini yang melibatkan antara truk bbm pertamina dengan krl tujuan tanah abang? Pasti sebagian dari kalian masih ingat dengan peristiwa naas tersebut. Truk bbm menyebrang rel saat krl tanah abang hendak melintas, lalu tabrakan pun tak terelakan hingga truk terguling, meledak dan seluruh bbm yang jumlahnya amat besar, 24k liter terbakar sia-sia. Miris sekali bukan, bbm sebanyak itu yang seharusnya dimanfaatkan sebagai energi dalam kehidupan kita malah terbuang begitu saja dan berapa banyak perjalanan para penumpang krl yang terhambat akibat peristiwa ini.

Akibat dari kecelakaan pun dapat menyebabkan para penumpang krl mengalami trauma sehingga memilih menggunakan kendaraan pribadi dibanding kereta. Tentu hal ini dapat menambah volume kendaraan di jalanan.

Sebelum flyover dibangun, jalanan di sini macet sekali, apalagi di saat jam sibuk. Tentunya hal ini sangat menghambat laju kendaraan yang melalui jalan ini. contohnya supir angkot. Jika sedang macet sekali terlebih jika sedang mengangkut penumpang dengan jumlah yang sedikit, seringkali supir putar balik dan menurunkan penumpangnya dikarenakan mengejar setoran. Karena macet parah seperti ini, perekonomian supir angkot terkena dampaknya.

Namun, sekarang pemerintah telah membangun flyover yang sudah terbukti menghilangkan macet dipetak ini. sekarang jalan ini telah lancar. Macet semerewut seperti dulu sudah tidak ada lagi yaaa walaupun terkadang sedikit terhambat dengan adanya kendaraan yang mutar di depan flyover sihh, tapii kan tak separah dulu lahh.

Di zaman milenial ini kita kenal jual beli online yang pastinya membutuhkan jasa para kurir. Dengan adanya flyover bintaro ini, pastinya mengurangi daftar kemacetan para kuruir tersebut.

Kita sebagai warga negara yang baik punn sudah sepatutnya mensuport program pemerintah ini, karena yaa pemerintah pun sulit melakukan pembangunan tanpa dukungan kita. Jika kita turut mendukung, tentunya akan lebih efektif.


Seminar SDGs

Pada tanggal 17 februari kemarin saya menghadiri acara seminar di  JSCHive Jakarta. Pada saminar itu kita membahas tentang SDGs di Indonesia. Salah satu poin dalam SDGs ialah permasalahan mengenai jalanan. Yahh kita tahu lah jika jalanan merupakan akses penghubung antara tempat satu dengan tempat lainnya.

Dalam satu daerah itu kan engga semua sumber alamnya mencukupi kebutuhan manusianya. Misalnya di daerah yang satu banyak menghasilkan kelapa namun sedikit menghasilkan beras. Daerah yang satunya lagi banyak menghasilkan beras namun sedikit menghasilkan kelapa. padahal keduanya sangat dibutuhkan. Oleh karena itu kita butuh jalan yang dapat menghubungkan antar daerah yang satu dengan daerah yang lainnya.

Dengan dibuatnya jalan tol trans jawa sampai Surabaya sangat membantu sekali. Pengiriman barang jadi semakin singkat dan mudah. Dalam seminar saat itu beliau menceritakan berbagai kendala dalam pembangunan jalan tol tersebut. Salah satunya adalah warga yang bermata pencarian dengan berternak. Mereka biasa menggembala ternak mereka di tanah bakal dibuatnya jalan tol. Beliau dan kawan-kawan pun mencarikan solusi bagaimana cara agar mereka bisa memiliki mata pencarian pengganti.

PT SMI sebagai badan dibawah kementerian keuangan yang diberikan mandat untuk membentuk sekaligus mengelola platform ini, berusaha untuk membentuk dan menglola agenda kerja ini mulai dari tingkat dusun, desa, kelurahan, kecamatan dst.


Apa itu SDGs?

Ohh iya dari tadi kita ngomongin SDGs, tahu gak si kamu apa sihh SDGs itu? SDGs adalah tujuan pembangunan berkelanjutan atau yang dalam bahasa inggrisnya dikenal sebagai sustainable development goals. SDGs ini adalah sebuah agenda dunia yang telah ditentukan oleh PBB yang telah diterbitkan pada 21 Oktober 2015. Jadi ya intinya SDGs agenda pembangunan untuk kemaslahatan manusia. SDGs ini memiliki 17 poin (goals), salah satunya yaitu dalam hal jalanan.

Selain pembangunan flyover Bintaro di atas, pemerintah juga telah membangun beberapa flyover lainnya dan beberapa underpass di beberapa wilayah lainnya. selain itu pula kini sedang dikerjakan penggandaan rel kereta api di pulau Jawa secara bertahap. Hal ini sangat positif sekali untuk kedepannya. Perjalanan kereta api akan menjadi lebih singkat. Masih banyak lagi pembangunan pembangunan di negara kita ini guna mensejahterakan masyarakat kita. Kita harus mendukung program pemerintah ini, semoga Indonesia makin maju untuk kedepannya................................

Advertisement banner

Baca juga:

banner

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.