Tips Mengecat Rumah yang Perlu Diketahui



Menggeluti bisnis sewa rumah memang gampang-gampang susah, salah menerapkan strategi bisa-bisa rumah akan sepi penyewa sehingga keuntungan pun susah untuk didapatkan.

Bagi mereka yang saat ini tengah menggeluti bisnis sewa rumah, namun masih sulit untuk mendapatkan pelanggan mungkin ada baiknya untuk memperbaiki tampilan rumah, rumah yang bersih dan menarik  tentunya akan membuat calon penyewa rumah tertarik untuk menyewanya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumah terasa bersih dan fresh adalah dengan cara mengecat ulang. Nah, bagi Anda yang ingin mengecat rumah, berikut ini adalah tips mengecat rumah yang bisa dilakukan.


Buat Rencana

Jika Anda berencana untuk mengecat keseluruhan dinding rumah, ada baiknya mulai membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu. Terkadang, mengecat dinding bisa memakan waktu yang lama, bisa berhari-hari. Oleh karenanya, Anda harus mempersiapkan waktu yang cukup sampai proses pengerjaannya selesai. Terlebih lagi, melakukan persiapan dan memutuskan warna cat juga terkadang cukup memakan waktu. Dengan perencanaan yang tepat, maka akan bisa mulai melakukan pengecatan pada waktu yang telah ditentukan, misal saat akhir pekan, dan penyelesaiannya juga bisa direncanakan alias tidak tergesa-gesa.


Belilah Sample Cat Terlebih Dahulu

Perlu diketahui bahwa warna yang Anda lihat di katalog tidak akan persis sama dengan warna yang akan dihasilkan cat tersebut di dinding. Beberapa toko cat menyediakan sample cat dengan ukuran kecil, sehingga bisa digunakan terlebih dahulu apakah warna tersebut benar-benar sesuai dengan keinginan. Jangan lupa untuk memilih jenis cat yang sesuai dengan dinding rumah, seperti cat khusus interior ataupun eksterior.     


Persiapkan Dinding Anda Terlebih Dahulu

Ada banyak cara untuk mempersiapkan dinding sebelum dicat, seperti dengan menguliti atau menyekrap cat sebelumnya. Selain itu, jika dinding terdapat banyak lubang, Anda bisa membuatnya mulus dan rata menggunakan plamir. Jika dinding awalnya memang berwarna putih, bisa langsung memulai proses pengecatan dengan catatan semua area sudah dibersihkan dari debu. Namun jika bukan putih, ada baiknya Anda mengecatnya dengan warna dasar putih terlebih dahulu untuk mendapat hasil maksimal.  


Buat Layout Desain Warna

Jika Anda ingin memadukan beberapa warna untuk satu dinding, ada baiknya dan membuat layout desain terlebih dahulu. Pada garis perbatasan warna, Anda bisa menggunakan selotip untuk menutupi area warna lain, sehingga menciptakan garis perbatasan yang tegas dan tampak professional.


Mengecatlah Dengan Arah yang Sama

Masih banyak orang membuat kesalahan dalam proses pengecatan dinding dengan arah kuas cat yang semrawut. Hasilnya, cat tidak akan tampak rata dan terkadang menggumpal disana-sini. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan mengecat pada arah yang sama untuk semua bidang. Anda bisa mengecatnya dengan arah vertikal atau horizontal, tergantung kenyamanan Anda, namun usahakan jangan berubah arah.


Pilihlah Roller Cat yang Tepat

Jika banyak area dinding yang terlalu tinggi untuk Anda jangkau, pilihan terbaik yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan roller cat. Pilihlah yang ukuran dan ketebalannya sesuai dengan keinginan. Untuk menghemat waktu, Anda bisa melapisi nampan cat roller dengan aluminum foil terlebih dahulu sebelum menuangkan cat, sehingga saat Anda ingin mengganti cat warna lain, Anda tinggal mengambil dan mengganti foil tersebut tanpa harus mencucinya.





Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Tips Mengecat Rumah yang Perlu Diketahui"

  1. Terima kasih infonya sangat bermanfaat, ditunggu info menarik selanjutnya, jangan lupa kunjungi website kami juga di http://aik.co.id/
    salam sukses selalu :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel